Cara Menjaga Daerah Kewanitaan Agar Selalu Sehat

Daerah kewanitaan adalah daerah yang paling dijaga oleh seorang wanita, karena daerah ini sangat penting khususnya bagi masa depan seorang wanita. Daerah kewanitaan adalah daerah yang sangat penting, maka perlu sekali daerah ini dijaga agar tidak terkena suatu masalah seperti penyakit pada daerah kewanitaan. Cara Menjaga Daerah Kewanitaan sebetulnya cukup mudah jika anda mau telaten dalam menjaganya.

Baca Juga: Cara menghilangkan jerawat pasir

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daerah kewanitaan:

  1. Bersihkan setelah buang air

Setelah buang air kecil ataupun besar sudah sepantasnya bagi seorang perempuan untuk membersihkan daerah kewanitaan. Setelah buang air besar atau kecil sebaiknya segera bersihkan daerah kewanitaan menggunakan air yang bersih. Ada tips yang dapat Anda lakukan saat membersihkan daerah kewanitaan yaitu, bersihkan dari depan lalu ke belakang.

Bersihkan pada bagian yang depan dahulu kemudian ke belakang, ingat jangan membersihkan dari belakang ke depan. Hal ini bertujuan untuk menghindari bakteri dari dubur masuk ke daerah kewanitaan.

Setelah buang air besar atau kecil sebaiknya keringkan menggunakan lap atau tissue, hal ini bertujuan untuk menghindari daerah kewanitaan menjadi lembab yang dapat menimbulkan keputihan.

Cara untuk mengeringkan daerah kewanitaan juga sama seperti saat membersihkan,ya yaitu dari depan ke belakang.

  1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat anti bakteri, selain itu daun sirih juga dapat digunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan secara efektif. Cara Menjaga Daerah Kewanitaan menggunakan daun sirih yaitu siapkan beberapa lembar daun sirih yang telah dibersihkan, setelah itu rendam menggunakan air hangat.

Tunggu hingga dingin dan gunakan airnya untuk mencuci daerah kewanitaan. Mencuci daerah kewanitaan menggunakan daun sirih dapat mencegah gatal-gatal yang dapat terjadi pada daerah kewanitaan karena daun sirih mengandung anti bakteri.

  1. Hindari celana yang ketat

Saat menggunakan celana atau celana dalam sebaiknya hindari yang ketat. Karena celana atau celana dalam yang ketat dapat membuat daerah kewanitaan menjadi lembab. Hal tersebut terjadi karena sirkulasi udara pada daerah kewanitaan tidak berjalan dengan baik, sehingga akan membuat daerah kewanitaan menjadi lembab.

Selain itu kenakanlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun, karena sangat mudah untuk menyerap keringat. Bahan dari katun dapat menyerap keringat dengan baik sehingga akan mencegah daerah kewanitaan dari keadaan lembab.

Hindari penggunaan pakaian dalam yang berbahan sintetis, karena hal tersebut dapat membuat daerah kewanitaan menjadi lembab.

  1. Menggunakan sabun pembersih kewanitaan

Jika Anda menggunakan sabun khusus untuk daerah kewanitaan sebaiknya pilih sabun yang mengandung susu. Karena sabun pembersih kewanitaan yang mengandung susu dapat menjaga pH daerah kewanitaan menjadi seimbang dan normal.

Baca Juga: Pantangan Diabetes

Itulah beberapa Cara Menjaga Daerah Kewanitaan yang bisa anda lakukan setiap hari. Selamat mencoba dan semoga anda bisa terhindar dari gangguan kesehatan pada daerah kewanitaan.

Artikel ini ditulis oleh : penyuburkandungan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *