Mengarahkan Fidgetting dengan Batik Fidget Spinner

Nah, bingungkan dengan judul artikel ini? Mungkin kamu sudah tau apakah fidgetting itu. Dari penjelasan yang saya peroleh, banyak ragam arti kata dari fidgetting, diantaranya :

Fidgetting adalah respon terhadap kecemasan atau kebosanan yang terjadi karena tubuh mengalami stress dan meningkatkan kadar hormon stress pada tubuh, keadaan tersebut akan mengirim pesan kepada anggota tubuh untuk menurunkan kadar hormon stress dengan menggoyangkan kaki atau menggigit kuku, cara tersebut akan sedikit membantu menurunkan kadar hormon stress pada tubuh anda

Pernahkah muter-muter pena saat ujian, mungkin itu salah satu fidgetting akibat kamu lagi stress menghadapi soal ujian tersebut. Saya pribadi merasa (perasaan saya lo ya), bahwa pemicu fidgetting itu bukan hanya karena kegelisahan, tetapi terlalu semangat dan senang juga menimbulkan fidgetting. Contohnya, saat duduk depan komputer melihat pendapatan hasil kerja online yang lagi naik, perasaan senang. Nah, tiba-tiba saat itu saya langsung bangkit dari tempat duduk kemudian berjalan bolak balik beberapa langkah. Ah, mungkin ini bukan fidgetting ya, hehehe

Sudah banyaklah artikel diinternet yang menulis adaya fidgetting ini bisa mengurangi keadaan stress itu sendiri, dan apabila diarahkan dengan benar bisa bermanfaat, menambah fokus pada otak kanan dan otak kiri secara bersamaan. Mengapa harus diarahkan dengan benar ?, iya karena akan mengganggu sekitar jika fidgetting muncul berlebihan, karena memang munculnya tanpa sadar dan sulit dikendalikan. Misal, saat wawancara kerja, mungkin karena ada faktor stress, tiba-tiba anda fidgetting dengan ketok-ketok meja depan manajer HRD yang lagi wawancara, hehehe, akan lucu dan mungkin menjadi tidak lucu dalam hasil wawancara nantinya.

Kembali ke judul artikel ini, biar tidak memperlebar tanda tanya, kita tarik benang merah saja deh, antara fidgetting, spinner dan batik.

Jadi, spinner sendiri adalah salah satu alat permainan yang bisa diputar untuk mengarahkan fidgetting. Jadi merupakan sebuah metode untuk mengalihkan respon bawah sadar dari kegiatan ketuk-ketuk meja, puter-puter pena, ke memutar spinner ini. Sehingga spinner ini sangat bermanfaat, sebagaimana manfaat fidgetting, hanya saja lebih terarah.

Nah, kalau spinner sangat berkaitan dengan fidgetting, bagaimana dengan batik, apalah hubungan sebuah baju,  batik yang dipake saat kerja hari jumat dengan fidgetting atau dengan spinnernya.

Oke, sebelum saya paparkan lebih lanjut, saya perlu mindset dulu, bahwasanya sesuatu yang membingungkan akan menjadi clear setelah dijelaskan dengan sejelas-jelasnya. Tetapi, sesuatu yang sudah jelas belum tentu masuk akal, untuk hal ini butuh pembuktian dan upaya berkelanjutan sampai menjadi masuk akal dan diterima.

Sepintas tentang batik, semua tau kalo batik di Indonesia itu adalah pakaian tradisional yang umumnya dipakai oleh keluarga raja dulu, dipakai saat kondangan, dipakai oleh mempelai yang menikah. Jarang yang memakai batik untuk keseharian, tetapi dengan adanya peraturan, misal dari pemerintah, sehingga perusahaan mewajibkan karyawannya untuk berbatik ria pada hari jum’at. Sehingga berbatik pada hari jum’at menjadi biasa dan diterima dari sebelumnya tidak biasa / merasa asing. Dan saat inipun batik menjadi modern, populer dan mendunia, itu berkat mereka-mereka yang berkemauan kuat dan bertangan dingin, salah satunya Alm Iwan Tirta sang desainer handal batik Indonesia.

Oke, cukup mindsetnya, jadi apa benang merahnya antara fidgetting, spinner dan batik tadi. Ide simplenya lihat gambar di bawah ini, salah satu batik desain Iwan Tirta saya comot gambarnya, kemudian ditempelkan spinner di batiknya. Tujuannya biar metode spinner ini melekat pada pakaian batik, serta pada saat diputar, selain yang merasakan putarannya bukan hanya jari tangan tetapi juga sekita badan yang ditempeli spinner. Simple kan?? Masuk akal? bisa diterima, silahkan dicoba, ini hanya konsep liar saya saja hehehe, punten ya 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *