Migrain atau Sakit Kepala Sebelah (Kiri atau Kanan): Bahaya, Sebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya

Migrain atau juga dikenal dengan istilah sakit kepala sebelah bisa kanan maupun kiri merupakan sakit kepala yang parah dan menyakitkan bagi para penderitanya. Namun pada beberapa kasus, migrain juga bisa menyerang dua sisi. Bisa terasa sakit di kepala bagian atas atau belakang. Jadi bukan hanya sebagian saja. Migrain biasanya ditandai dengan gejala rasa sakit pada kepala dan bisa menyebar kearah mata, dahi, kening sehingga membuat tubuh menjadi kesemutan di lengan dan kaki, mual, muntah dan meningkatnya sensitivitas atau kepekaan terhadap rangsangan cahaya maupun suara. Dan biasanya lebih sering menyerang wanita daripada pria.

Gejala Lain Migrain atau Sakit Kepala Sebelah

Migrain atau Sakit Kepala Sebelah (Kiri atau Kanan Bahaya, Sebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya

Selain itu, gejala migrain juga bisa terjadi melalui sinyal aura tubuh seperti pikiran menjadi bingung, pikiran kosong atau memiliki persepsi yang aneh terhadap sesuatu. Penderita migrain juga kadang terkena masalah penglihatan seperti terjadinya kilatan cahaya pada pandangan mata dan masalah pengucapan seperti kesulitan untuk berbicara. Bahu, leher dan tungkai menjadi kaku juga banyak diderita saat terkena penyakit kepala sebelah ini. Dan juga terkadang seolah-olah merasa mencium sesuatu bau yang tidak enak. Gejala migrain aura ini juga dikenal dengan istilah migrain klasik.

Sekitar 20% penderita migrain pernah mengalami migrain klasik ini.

Faktor Penyebab Migrain

Ada beberapa faktor yang bisa diduga sebagai penyebab migrain, diantaranya adalah faktor hormon, faktor genetik, mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu  seperti penyedap masakan atau MSG, mengkonsumsi alkohol dan juga kafein, serta bercampurnya pembuluh darah dan bahan kimia pada otak sehingga menjadikan interaksi dengan sel otak, hal ini bisa memicu terjadinya migrain.

Migrain sering terjadi pada orang yang mengidap epilepsi, depresi, asma, kegelisahan, serta pada individu dengan kelainan neurologis serta di karenakan oleh keturunan (genetik). Migrain juga sering terjadi pada anak-anak sampai mereka mengalami pubersitas dan lebih sering terjadi kepada anak perempuan. Namun, pada anak-anak gejala migrain sedikit berbeda dengan orang dewasa, kemungkinan besar gejala migrain pada anak-anak ditandai dengan gejala sakit perut, gerakan mata diluar kendali mereka, muntah dan juga perubahan perilaku.

Cara Mengatasi Migrain

Migrain biasanya agak susah untuk dilakukan diagnosa. Tapi sebagian besar dokter akan melakukan pemindaian otak menggunakan mesin MRI untuk mengetahui apakah ada penyebab lain dari sakit kepala yang di rasakan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada indikasi terjadinya tumor otak atau pendarahan ke otak atau hanya sekedar sakit kepala biasa.

Pada dasarnya pengobatan seperti obat herbal peninggi badan tiens, dilakukan untuk mencegah agar tidak menjadi semakin parah dan mengurangi rasa sakit yang berlebihan ketika migrain menyerang. Jika Anda mengalami gejala sakit kepala sebelah, anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya.

Beberapa perubahan gaya hidup bisa mengurangi efek sakit kepala yang disebabkan oleh migrain, diantaranya adalah dengan tidur yang cukup, minum banyak air, olahraga ringan, dan menghindari pikiran yang terlalu berat agar tidak menyebabkan stres. Anda juga bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit yang dijual bebas di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *