Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat Dan Tips Mempersiapkannya

Di minggu – minggu terakhir dari masa kehamilan, biasanya dokter nantinya akan menyarankan kepada ibu hamil untuk lebih rutin memeriksakan kandungannya tersebut.

Biasanya pada trimester I dan juga trimester II pemeriksaan dilakukan 1 bulan sekali, maka di minggu – minggu terakhir dari kehamilan menjadi dua minggu sekali, bahkan ada juga yang seminggu sekali.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya kondisi dari janin dapat terpantau secara baik dan maksimal. Selain itu jika memang terjadi suatu hal yang tidak diinginkan akan bisa segera dilakukan sebuah tindakan oleh dokter untuk solusi yang terbaik.

Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat Dan Tips Mempersiapkannya

Di minggu – minggu terakhir dari kehamilan seperti lebih dari 36 minggu, ada beberapa hal yang terjadi sehingga Anda juga perlu mengenali apa saja tanda tanda persalinan jika sudah dekat.

Tanda Persalinan Sudah Dekat

Ada beberapa hal yang perlu Anda sadari jika usia kehamilan Anda sudah memasuki lebih dari 36 minggu, adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama adalah ASI sudah mulai rembes, terkadang seorang ibu hamil merasa terkejut karena terdapat suatu cairan yang keluar dari payudaranya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena cairan tersebut merupakan ASI yang mana sudah mulai keluar. Hal tersebut dipengaruhi oleh suatu hormon yang bernama oksitosin dan memiliki tugas untuk merangsang terjadinya suatu kontraksi dalam rahim menjelang proses persalinan.
  2. Kemudian yang kedua adalah janin turun, di usia lebih dari 36 minggu, kepala dari bayi sudah mulai masuk ke dalam panggul ibu. Dan pada saat janin tersebut sudah turun, maka seorang ibu hamil akan merasa lebih lega dan tidak merasa sesak karena rongga perut dan juga paru – paru sudah memiliki banyak ruang.

Tips Menjelang Persalinan

Jika beberapa tanda tersebut sudah terasa dan usia kehamilan Anda sudahh memasuki minggu – minggu terakhir, maka ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Yang pertama adalah mengikuti saran dari dokter di dalam beraktivitas sehari – harinya, hal tersebut bertujuan agar kondisi kehamilan ibu dan janin sehat dan persalinan menjadi lebih lancar. Biasanya ibu hamil disarankan untuk olahraga ringan, tidak stres dan juga istirahat yang cukup.
  2. Kemudian yang kedua adalah memperhatikan dan juga mencatat kontraksi yang terjadi, jika Anda sudah merasakan kontraksi, maka sebaiknya Anda menghitung waktu kontraksi tersebut. jika semakin sering dan terasa sangat sakit, maka Anda bisa memeriksakan ke rumah sakit untuk memastikan apakah persalinan akan dimulai atau belum.

Mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai tanda tanda persalinan sudah dekat juga sangat penting untuk Anda lakukan agar nantinya persiapan yang dibutuhkan bisa secara maksimal.

Oleh karena itu Anda bisa mengunjungi Wyeth Parenting untuk bisa mendapatkan lebih banyak informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *